http://microsite.tabloid-nakita.com/blogcompetition/

Senin, 28 Januari 2013

Nutrisi Tepat Untuk Buah Hati

Nazwa memiliki berat badan 29 kg di usianya yang baru menginjak 5 th. Dengan tinggi badan 115 cm,  bukanlah berat badan yang ideal untuk anak seusianya. Bukan tanpa sebab sekarang saya kritis dengan kesehatan Nazwa. Menurut Kompas.com - Obesitas pada anak terus meningkat. Peningkatan itu juga berpengaruh pada melonjaknya jumlah anak yang menderita diabetes. Di Indonesia, menurut data perhimpunan endikronologi anak, terjadi peningkatan kasus diabetes pada anak sampai 500 persen.
“Kalau anak kebanyakan makan karbo yang akan pecah menjadi gula. Sebagai respons, pankreas akan mengeluarkan insulin untuk menurunkan kadar gula darah. Akibatnya, konsentrasi akan turun, lelah, ngantuk, Ketika anak mau belajar tapi tidak bisa akibatnya anak menjadi stres, hormon kortisol juga tinggi, dan ujung-ujungnya ingin makan gula lagi," jelas Dr.  Tjhin Wiguna, Sp.KJ(K), dokter spesialis jiwa anak FKUI, dalam acara Media Edukasi 'Bahaya Asupan Gula Tambahan serta Dampaknya pada Kesehatan dan Konsentrasi Anak', di Hotel Mulia, Jakarta, Pada Kamis (20/12/2012). Kondisi akan diperparah dengan peningkatan cepat oksidasi radikal bebas yang melimpah sehingga merusak sel-sel pankreas sebagi organ penghasil Insulin sementara jumlah antioksidan tidak mencukupi untuk melawan akibatnya terjadi Diabetes.  Good environment and good education  about Diabetes  can procet our Future.
Untuk tumbuh kembang yang optimal seorang anak harus mengkonsumsi nutrisi dalam asupan yang tepat. Konsumsi karbohidrat dan lemak yang merupakan sumber energi sangatlah penting. Tapi harus diingat, asupan karbohidrat dan lemak juga tidak boleh berlebihan, terutama bagi anak. Selain dapat menyebabkan kegemukan, memicu diabetes, kebanyakan karbohidrat atau gula juga dapat mempengaruhi otak, kemampuan belajar, memori dan konsentrasi.
Kebiasaan Nazwa ngemil terutama dimalam hari membuat saya khawatir dengan kenaikan berat badan yang masih terus meningkat. Sehingga saya harus cerdas memilih nutrisi yang tepat untuk Nazwa yang suka pilih-pilih makanan. Membatasi jajan diluar dan lebih memilih untuk membuat camilan sendiri masuk dalam jadwal rutin bersama, sebagai anak yang cerdas Nazwa selalu ingin mencoba ketika membuat camilan. Tentu saja sebagai Ibu yang bijak saya membuka pintu lebar-lebar meskipun jadi lebih berantakan. Namun saya sadar semua ini hanya permainan untuk nazwa. Layaknya orang dewasa butuh bekerja untuk hidup, begitupun dengan anak-anak yang butuh bermain untuk hidupnya. Dengan begitu Nazwa mau mencicipi masakan buatanya sendiri dan menyadari bahwa makanan tanpa gula tambahan tidak kalah enak.
Selektif dalam memilih menu makan seimbang karena zat gizi makro dan mikro yang baik sangat dibutuhkan untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak. Terlebih dalam  memilih susu yang baik untuk Nazwa, dan setelah kroscek informasi Nilai gizi saya percaya Anmum Essential 4 the right choice for Nazwa. Kandungan Vitamin C dan E yang lebih tinggi sebagai antioksidan dapat mencegah peningkatan cepat oksidasi radikal bebas yang melimpah. Dan asam amino essensial yang terkandung dalam Anmum Essensial berfungsi sebagai katalis regenerasi sel-sel pankreas, meningkatkan kualitas dan kuantitas hormon insulin dan mempercepat regenerasi sel-sel organ lain.
  Di peternakan Domba     





Minum susu sebelum tidur sambil di bacain cerita.
Jalan-jalan di perkebunan
   

Nazwa membersihkan sepeda setelah bermain













Namun kecerdasan anak tidak mutlak berasal dari nutrisi saja tetapi dilihat dari kreatifitasnya juga, saya melakukan stimulasi-stimulasi yang dikemas dalam bentuk permainan untuk mengasah konsentrasi dan mengenali  gaya belajar Nazwa. Mengajak membakar kalori dengan bermain, dan  berkebun adalah kegiatan yang Nazwa dan saya sukai. Di akhir pekan kami mengajak Nazwa belajar langsung dari alam dengan berkunjung ke peternakan, perkebunan, kebun binatang atau ke museum. Merupakan upaya preventif saya dalam menjaga pola makan dan menjadi role mode pola hidup sehat untuk Nazwa. Kini bobot Nazwa sudah turun 3 kg, good job Nazwa dan terima kasih  Anmum Essential 4.
Tulisan ini dibuat untuk diikut sertakan dalam lomba writing competition Anmum BundaInspiratif  bersama Ibu-ibu Doyan Nulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar